Senin, 09 Juli 2012

Pengaruh globalisai pada ilmu budaya dasar

Pengaruh globalisasi pada ilmu budaya dasar

            Pada sekarang ini kita sudah memasuki zaman globalisasi, sudah banyak sekali pengaruh yang terjadi pada zaman globalisasi ini mulai dari yang posittif hingga yang negative.
            Pengaruh positif globalisasi dalam aspek social, ditandai dengan adanya rasa solidaritas yang tinggi antar bangsa di berbagai Negara. Namun sebaliknya terdapat pula pengaruh negative yang melanda masyarakat atau bangsa Indonesia seperti sikap dan perilaku serta gaya hidup yang meniru budaya barat yang bertentangan dengan norma norma dan nilai nilai budaya bangsa Indonesia yang menganut budaya timur.
            Dalam aspek ilmu budaya dasar globalisasi memberikan dampak positif dengan kitia dapat mengambil atau belajar dari tatanan ilmu budaya dasar. Yaitu mudan memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan, mudah melakukan komunikasi, cepat dalam bepergian , memacu untuk meningkatkan kualitas diri, mudah memenuhi kebutuhan. Namun dampak globalisasi-pun mempunyai dampak negative seperti rasa kekeluargaan yang akan berkurang dengan adanya jiwa individualis,kesenjangan social makin tajam, budaya budaya tradisional kita akan tergeser oleh budaya barat dan lain lain.
            Dengan kata lain kita harus hati hati dalam meniru atau menerima kebudayaan baru dari luar terutama dari budaya barat sehingga pengaruh globalisasi di Negara kita tidak terlalu berpengaruh pada kebudayaan yang merupakan jati diri bangsa kita.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates

Popular Posts