Senin, 09 Juli 2012

Kalimantan Timur

Kalimantan Timur
1.      Pakaian adat
Bagi laki laki dikenal dengan sebutan sapei sapaq. Pakaian adat ini terdiri dari senjenis rompi dan bawahan berupa sejenis cawat yang dikenal dengan nama abet kaboq.
Pakaian adat ini juga dipenuhi hiasan berupa manic manic. Sedangkan di bagian kepala digunakan semacam ikat kepala dengan segala pernak perniknya. Adapun aksesorisnya adalah Mandau.
Bagi perempuan dikenal dengan sebutan sapei inoq. Dengan motif yang sama dengan pakaian laki laki. Sedangkan sebagai bawahan digunakan sejenis rok yang disebut sebagai ta’a.
Aksesoris lain yang melengkapi pakaian adat ini adalah ikat kepala yang terbuat dari pandan yang dikenal dengan anam da’a. selain itu kalung yang terbuat dari manic manic yang menjuntai hingga dada juga menjadi cirri khas dari pakaian adat tersebut.
2.      Rumah adat
Rumah lamin memiliki arti rumah panjang. Rumah adat ini berbentuk rumah panggung dengan ketinggian kolong mencapai 3 m. panjang rumah itu bisa mencapai 200m dengan lebar sekitar 25m. cirri khas lain dari rumah lamin adalah ukiran ukiran khas suku dayak yang menghiasinya.
3.      Tarian tradisional
a.      Tari hudoq
b.      Tari gong
c.       Tari perang
d.      Tari enggang
4.      Alat music tradisional
Sampe adalah salah satu alat music tradisional paling terkenal di Kalimantan timur. Ditilik dari namanya alat music ini memiliki arti memetik dengan jari. Hal tersebut sesuai dengan cara memainkan alat music tersebut.
Berbeda dengan gitar, sampe hanya  memiliki tiga buah senar. Cirri khas lain yang dimiliki oleh sampe adalah ujung gagangnya yang diberi ukiran berupa taring dan kepala burung enggang.
5.      Senjata tradisional
Tidak jauh berbeda dengan provinsi Kalimantan yang lain, masyarakat di Kalimantan timur juga memiliki senjata tradisional yaitu Mandau. Bagi mereka Mandau tidak hanya senjata tetapi juga symbol kehormatan dan jati diri pemiliknya.
6.      Bahasa
a.      Banjar
b.      Dayak
c.       Kutai
d.      Berau
e.      Lundayeh
7.      Suku
a.      Dayak
b.      Melayu
8.      Lagu daerah
a.      “indung indung”
b.      “burung enggang”
c.       “sungai mahakan”
d.      “samarinda kota tepian”


Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates

Popular Posts