Senin, 09 Juli 2012

Jambi

Jambi
1.      Pakaian adat
Pada laki laki mengenakan sejenis baju kurung tanggung dengan lengan panjang yang disulam dengan benang berwarna keemasan. Sedangkan bagian bawah menggunakan celana. Terkait itu perlu diketahui bahwa laki laki suku melayu jambi dalam berpakaian adat mengenakan celana yang disebut cangge. Aksesoris lain yang melengkapi pakaian adat ini adalah penutup kepala yang disebut lacak. Selain itu pakaian adat ini juga dilengkapi dengan kain songket yang dililitkan di pinggul dan ikat pinggang.
Pada perempuan mengenakan baju kurung tanggung dengan lengan panjang dan sulaman dari benang berarna keemasan. Sedangkan bagian bawah menggunakan kain sarung songket. Selendang songket juga menjadi pelengkap dari pakaian adat ini. Perempuan jambi menggunakan tutup kepala yang disebut pesangkon. Yang terbuat dari kain beludru dengan bagian dalam diberi kertas karton. Selain itu penutup kepala ini juga dilengkapi hiasan logam berwarna kuning dan berbentuk duri pandan. Kelengkapan lain dari pakaian adat ini ialah teratai dada, pending dan sabuk, selendang serta selop.
2.      Rumah adat
Rumah tradisional masyarakat jambi adalah rumah panggung yang dikenal dengan sebutan rumah kajang lako. Rumah tersebut memiliki beberapa ruangan berikut:
a.      Jogan
b.      Serambi depan
c.       Serambi dalam
d.      Serambi belakang
e.      Amben melintang
f.        Laren
g.      Garang
h.      Dapur
3.      Tari tradisional
a.      Tari sekapur sirih
b.      Tari selampit delapan
c.       Tari rangguk
4.      Alat music tradisional
Alat music tradisional bagi masyarakat jambi adalah gambus. Alat music ini dimainkan dengan cara dipetik. Jumlah senarnya mulai dari tiga hingga dua belas senar. Alat music ini biasa dimainkan dengan rebana dan gendang.
5.      Senjata tradisional
Senjata yang terkenal di jambi adalah badik tumbuk lada. Senjata ini mirip dengan badik dari bugis. Akan tetapi gagangnya lurus dan hamper menyerupai keris tanpa luk. Selain digunakan untuk berperang senjata tersebut juga digunakan untuk berburu.
6.      Bahasa
Bahasa melayu
7.      Suku
a.      Bajau
b.      Batin
c.       Melayu
d.      Kerinci
8.      Lagu daerah
a.      “pinang muda”
b.      “selendang mayang”
c.       “batang hari”
d.      “injit injit semut”

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates

Popular Posts